TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

Mahasiswa UMB Fakultas Fisipol, Kunjungi UMKM Pisang Sale Di Purwo Bhakti Muara Bungo

Ismawati dan rekan - rekannya Poto bersama di UMKM Pisang Sale di Dusun Purwo Bhakti, Muara Bungo.(Poto:Supri/teboonline.id)

TEBOONLINE.ID – Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Muara Bungo (UMB) Prodi Ilmu Pemerintahan tahun Akademik 2023, pada Jumat (14/06/2024), melakukan kunjungan ke kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Muara Bungo yaitu Dusun Purwo Bhakti.

Ismawati, Mahasiswa UMB Semester 2 bersama Mahasiswa lainnya yaitu Untung Permudia, Yuda Kartika, Regial Farizki dan Sari Widia yang saat ini tengah dalam pengabdian masyarakat mengatakan bahwa UMKM yang dikunjunginya beserta rekan – rekannya adalah usaha pembuatan Pisang Sale milik H Iwan Afandi.

Terungkap bahwa usaha Pisang Sale ini berdiri pada tahun 1998 yang silam dan H Iwan memulai usahanya ini dengan modal awal Rp 500 Ribu dan sanggup memproduksi Pisang Sale perhari kisaran 500 sampai 1.000 bungkus dengan harga Rp 7 Ribu/bungkus.

Ismawati mengatakan bahwa untuk pemasaran Pisang Sale H Iwan ini adalah semua kota besar Indonesa seperti Jambi, Palembang, Pekanbaru, Jakarta bahkan sampai keluar negeri seperi Cina. Secara umum, pemasarannya sudah melebar sampai Tingkat Internasional.

Selain produksi Pisang Sale kata Mahasiswa UMB asal Rimbo Bujang ini, H Iwan juga memproduksi aneka Kripik Pisang, Keripik Tempe dan makanan ringan lainnya untuk oleh oleh khas Muara Bungo. 

“Diawali dari modal hanya Rp 500 Ribu, saat ini Omsetnya bisa mencapai Rp 100 Juta/bulan,” sebut Ismawati yang nota bene Istri Bakal Calon Bupati Tebo Wartono Triyan Kusumo, Senin (17/06/2024).

Ismawati mengatakan bahwa kunjungan Mahasiswa UMB di UMKM Dusun Purwo Bhakti dengan Dosen Pembimbing Dedi Epriadi S.Sos.M.Si ini, untuk memenuhi tugas mata Kuliah Sistem Ekonomi Indonesia.

Mahasiswa turun langsung ke lapangan agar bisa lebih tahu bagaimana perkembangan UMKM di Kabupaten Bungo ini. UMKM di Kabupaten Bungo mampu berkembang dan besar seperti UMKM Pisang Sale milik H Iwan ini dan UMKM mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Mudah – mudahan lanjutnya, UMKM yang lainnya yang sudah lama berdiri atau baru berdiri di Kabupaten Bungo mampu menyamai UMKM milik H Iwan ini dan mampu membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat sekitar.(crew)  

Type above and press Enter to search.