TfY7TSdpTpClTpW5Gpr8Gfr9

PT SMS Tak Gunakan Jalan Khusus Yang Sudah Dibuat Oleh TMMD

Jalan khusus untuk armada keluar masuk PKS PT SMS di desa Giripurno Kecamatan Rimbo Ilir. Namun sayang, jalan khusus yang dibuat dengan program TMMD ini, tidak digunakan oleh PT SMS dan lebih memilih menggunakan jalan lintas Kecamatan Rimbo Ilir sehingga jalan tersebut hancur.(Poto:dok/teboonline.id)

TEBOONLINE.ID - Pihak Pemerintah sudah memberikan solusi kepada pihak Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT SMS, dengan membuat jalan khusus untuk keluar masuk Kendaraan angkutan yang dikerjakan melalui program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) beberapa tahun yang lalu.

Diketahui, PKS PT SMS ini berada di wilayah Pemerintahan Desa Giri Purno atau Blok D Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. 

Namun sayangnya, sampai saat ini jalan khusus yang memang diperuntukan guna mobilisasi keluar masuk armada PKS PT SMS berupa Truk muatan buah Sawit, CPO atau Tangkos, belum juga digunakan.

Sehingga, keluar masuk Truk muatan yang berkaitan dengan PKS PT SMS melebihi Tonase, masih menggunakan jalan Kecamatan Rimbo Ilir atau jalan Pemda yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat.

Akibatnya, jalan Kecamatan Rimbo Ilir yang semula Aspalnya bagus, setelah setiap hari dilewati Truk - truk muatan Sawit dan CPO PKS PT SMS, jalan Kecamatan Rimbo Ilir yang merupakan akses vital masyarakat setempat, menjadi hancur dan amblas.

Lintas Kecamatan Rimbo Ilir yang rusak dan hancur karena dilalui kendaraan bermuatan melebihi tonase yang keluar masuk dari PKS PT SMS, sering kali terjadi kecelakaan baik itu korbannya warga setempat maupun warga luar yang melintas disana.

Kondisi itu pun memicu kemarahan masyarakat setempat dan beberapa waktu yang lalu masyarakat setempat pun sempat menyetop operasional kendaraan bermuatan yang keluar masuk di PKS PT SMS saat melintas di Lintas Rimbo Ilir.

"Jalan khusus untuk PT SMS sudah dibuat, simpang jalan itu ya itu disebelah pabrik PT SMS di Blok D dan tembus ke Sungai Alay. Jalannya lebar, tapi sampai saat ini jalan khusus itu tidak digunakan oleh PT SMS dan truk keluar masuk PKS PT SMS itu lebih memilih menggunakan jalur utama Kecamatan Rimbo Ilir ini," sebut Sukardi, warga Kecamatan Rimbo Ilir, pada Teboonline.id, Senin (22/07/2024).

Hal yang sama yang juga disampaikan oleh Cak Rifin, ia mengungkapkan bahwa jalan khusus yang memang dibuat untuk armada khusus yang keluar masuk di PT SMS, sekalipun belum pernah digunakan oleh PT SMS. Padahal, kondisi jalannya sangat bagus sampai saat ini.

"Jalannya bagus, memang jalannya masih tanah dan belum perkerasan sejak dibuka. Bisa jadi takut amblas makanya kendaraan keluar masuk PT SMS belum lewat jalan khusus itu," ungkap Cak Rifin.

Namun lanjut dia, seharusnya pihak PT SMS ikut memikirkan bagaimana agar jalan khusus itu bisa dilalui kendaraan yang keluar masuk PKS PT SMS. Misalnya, jalan itu belum perkerasan sehingga menjadi pemicu kendaraan PT SMS tidak lewat jalan khusus itu. 

PT SMS dalam hal ini harus berkorban bagaimana agar jalan tersebut dilakukan perkerasan. Apakah PT SMS melakukan perkerasan jalan itu sendiri atau ada cara lain. Sehingga armada PT SMS bisa lewat jalan khusus itu dan tidak lagi menggunakan jalan Kecamatan Rimbo Ilir.(crew)



Type above and press Enter to search.